SIMULASI

Apa itu simulasi?
    Simulasi, sebenarnya kita sering mendengar kata simulasi dalam kehidupan kita seperti saat ujian nasioanal kita mendengar kata simulasi ujian nasional, untuk yan bekerja di kantor kantor besar pasti pernah melakukan simulasi kebakaran atau yang tinggal di pesisir pantai pasti juga pernah melakukan atau minimal mendengar simulasi bencana alam atau tsunami.
    Lalu apa sebenarnya apa itu simulasi? Menurut Banks dan Carson (1984) “simulasi adalah tiruan dari system nyata yang dikerjakan secara manual atau computer yang kemudian diobservasi dan disimpulkan untuk mempelajari karakteristik system” jadi pada intinya kita meniru sebuah sebuah system untuk mempelajari karakteristik yang ada dalam sebuah system. Ruwet ya pengertiannya? Simplenya gini ketika kita ingin mempelajari system jalur evakuasi sebuah gedung bertingkat banyak, untuk menguji apakah system jalur evakuasi dalam kedung dapat dikatakan baik atau buruk perlunya ada simulasi, misalnya kita menggunakan simulasi kebakaran maka kita dapat memperlajari karakteristik dari system jalur evakuasi itu, seperti butuh waktu berapa lama untuk semua karyawan dapat keluar gedung, berapa pintu keluar yang efektif dan sebagainya. Jikalau muncul pertanyaan apakah simulasi sama dengan kondisi sesungguhnya? Jawabannya jelas tidak, karena simulasi dilakukan ketika memodelkan sebuah system yang belum terjadi untuk mempelajari karakteristiknya.
Setelah tau gambaran umum tentang simulasi, lalu apa hubungan simulasi dengan manufacturing ataupun jasa?
    Jelas simulasi sangat berguna di industri manufaktur ataupun jasa, munculah pertanyaan untuk apa? Simplenya untuk optimalisasi, meminumkan biaya (cost) dan memaksimalkan keuntungan (profit). Kok bisa? Ya bisa dong, misalnya saya punya perusahan manufacturing yang mengolah raw material menjadi finish part (barang jadi) maka saya bisa memproyeksi jika saya punya x mesin dengan t waktu proses dalam mesin dengan antrian (query) q sekian maka berapa kira-kira cost dan profit yang akan saya keluarkan atau dapatkan dengan memainkan beberapa variable tersebuat (atau bisa lebih banyak) kita  dapat memproyeksikan nilai proyek kita tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk sebuah riset.

Apa aja sih kelebihan dari simulasi?
1. Tidak semua system dapat dimodelkan secara matematis, sehingga simulasi merupakan alternatif langkah yang tepat
2. Dapat bereksperimen tanpa mempengaruhi system yang nyata.
3. Simulasi dapat mengestimasi kinerja system dalam kondisi tertentu dan memberikan alternative desain dengan variansi dan spesifikasi yang diinginkan
4. Simulasi memungkinkan untuk melakukan studi jangka panjang dengan waktu yang relative singkat
5. Dapat menggunakan input data yang sangat bervariasi
Namun tetap saja tiidak ada suatu metode yang sempurna, begitupula dengan simulasi berikut adalah kekuarangan yang dimiliki simulasi
1. Kualitas dan analisis model tergantung dengan pembuat model
2. Hanya mengestimasi karakteristik system berdasarkan masukan tertentu
3. Menurunkan kemampuan matematis
Seperti itulah pengantar dari simulasi selanjutnya akan dibahas lebih dalam lagi mengenai simulasi

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »