Metode Analisis Studi Kelayakan Investasi

   
       Tujuan utama evaluasi investasi adalah memastikan apakah suatu rencana investasi yang akan dilaksanakan secara ekonomis atau tidak jika layak, kemungkinan direkomendasikan untuk diwujudkan, sebaliknya jika tidak layak, disarankan untuk tidak dilaksanakan (Giatman, 2006). Jika rencana investasi tersebut dapat dimunculkan dalam sejumlah alternatif (lebih dari satu alternatif) yang berimplikasi ada perbedaan estimasi casf flow, maka untuk memilih alternative dengan cash flow mana yang lebih menguntungkan diperlukan suatu proses analisis dan pemilihan yang disebut dengan analisis alternatif. Alat analisis yang digunakan adalah sebagai berikut:

a.         Metode NPV (Net Present Value)
      Net Present Value (NPV) adalah metode menghitung nilai bersih (netto) pada waktu sekarang. Metode NPV pada dasarnya memindahkan cash flow yang menyebar sepanjang umur investasi ke waktu awal investasi (t=0) atau kondisi present. Rumus yang digunakan adalah:

Keterangan:
PWB = Present Worth of Benefit
PWC = Present Worth of Cost


Jika:  NPV > 0 artinya investasi akan menguntungkan/ layak (feasible)
                 NPV < 0 artinya investasi tidak menguntungkan/ tidak layak (unfeasible)

b.         Metode IRR (Internal Rate of Return)
            Metode internal rate of return yang akan dicari adlaah suku bunganya di saat NPV sama dengan nol. Pada metode IRR ini informasi yang dihasilkan berkaitan dengan tingkat kemampuan cash flow dalam mengembalikan investasi yang dijelaskan dalam bentuk % atau periode waktu. Rumus yang digunakan adalah:
               

               Keterangan:
               r    = Internal Rate of Retur
               P1 = Tingkat bunga pertama 
               P2 = Tingkat bunga kedua 
               C1= Net Present Value  ke-1 
               C2= Net Present Value  ke-2
c.         Metode Net Benefit Cost Ratio (Net B/C)
                 Metode Net B/C adalah perbandingan antara jumlah net present value positif (NPV positif) dengan jumlah net present value negative (NPV negatif). Net B/C ini menunjukkan gambaran berapa kali lipat benefit akan diperoleh dari cost yang dikeluarkan. Rumus yang digunakan adalah:
Kriteria keputusan:
Jika Net B/C > 1, maka rencana usaha layak dilaksanakan, sebaliknya jika Net B/C < 1 maka rencana usaha tidak layak dilaksanakan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
April 8, 2019 at 11:20 PM delete

investasi adalah memastikan apakah suatu rencana investasi yang akan dilaksanakan secara ekonomis atau tidak jika layak.

http://www.onlinesabungayam.net/

Reply
avatar
April 13, 2019 at 5:46 PM delete

Yuk di add pin B -O-L- A- V- I- T- A sabung ayam filipina
Sabung ayam online dan semua jenis permainan judi online ..
Semua bonus menarik kami berikan setiap hari nya ... :)
www,bolavita,com

Reply
avatar