1. Studi Kasus
2. Analisis Hasil dari Entitas
Buka Software Arena
Pilih Basic Process pada project bar di kiri layar
Drag dan lepaskan gambar dengan caption Create seperti gambar berikut
Klik 2 kali simbol Create dan masukkan data seperti gambar berikut
Klik 2 kali simbol Process dan masukkan data seperti gambar berikut
Klik Add
Masukkan data sebagai berikut
Jalankan Program dengan klik display play
Program dapat berjalan dan Report dapat dianalis
3. Report Program
Analisi Hasil dari antrian
Analisis Hasil dari Entitas
Sekian post kali ini selamat belajar dan tetaplah menjadi kosong :)
Studi kasus diambil dari jurnal
berjudul “Perancangan Sistem Simulasi Kendaraan Bermotor pada Stasiun Pengisian
Bahan Bakar Umum (SPBU) Menggunakan Metode Distribusi Eksponensial di SPBU
SUNSET ROAD” yang ditulis oleh Gustri, Sahmanbanta, Fachrosi dari Universitas
Udayana.
No-Konsumen
|
Waktu
Kedatangan (Detik)
|
Waktu
Service (Detik)
|
1
|
85
|
98
|
2
|
12
|
89
|
3
|
55
|
110
|
4
|
123
|
103
|
5
|
117
|
98
|
6
|
32
|
60
|
7
|
9
|
113
|
8
|
113
|
92
|
9
|
117
|
114
|
10
|
21
|
119
|
11
|
130
|
63
|
12
|
149
|
98
|
13
|
60
|
74
|
14
|
136
|
110
|
15
|
49
|
100
|
16
|
171
|
62
|
17
|
141
|
86
|
18
|
170
|
86
|
19
|
110
|
85
|
20
|
102
|
107
|
21
|
96
|
91
|
22
|
28
|
99
|
23
|
137
|
69
|
24
|
36
|
116
|
25
|
49
|
105
|
26
|
118
|
90
|
27
|
72
|
67
|
28
|
151
|
66
|
29
|
78
|
88
|
30
|
104
|
116
|
31
|
129
|
62
|
32
|
39
|
97
|
33
|
158
|
1
|
34
|
145
|
84
|
35
|
0
|
120
|
36
|
83
|
77
|
37
|
118
|
96
|
38
|
177
|
105
|
Rata-Rata
|
95,26315789
|
89,89473684
|
Dalam Journal tersebut juga terdapat batasan-batasan sebagai
berikut
·
Banyaknya
konsumen dihitung dari satu sampai masukan maksimal.
·
Waktu
antarkedatangan berdistribusi eksponensial dengan rentang waktu kedatangan 5
sampai dengan 180 detik.
·
Lama
pelayanan berdistribusi eksponensial dengan rentang waktu pelayanan 60 sampai
120.
·
Waktu
kedatangan konsumen saat ini dihitung dari waktu kedatangan konsumen sebelumnya
dijumlahkan dengan waktu antarkedatangan konsumen saat ini.
·
Waktu
mulai pelayanan dihitung dari waktu kedatangan konsumen yang dibandingkan
dengan waktu selesai konsumen sebelumnya. Jika waktu kedatangan konsumen saat
ini kurang dari waktu selesai konsumen sebelumnya, maka konsumen akan dilayani
setelah konsumen sebelumnya selesai dilayani. Artinya konsumen saat ini harus
menunggu proses selesai dari konsumen sebelumnya. Jika waktu kedatangan
konsumen saat ini lebih dari waktu selesai konsumen sebelumnya, maka konsumen
akan dilayani sesuai waktu kedatangannya. Artinya konsumen tidak perlu menunggu
dari proses konsumen sebelumnya.
·
Waktu
konsumen dilayani dihitung dari waktu mulai dilayani dijumlahkan dengan lama
pelayanan konsumen tersebut
·
Lama
di SPBU dihitung mulai kedatangan konsumen sampai konsumen selesai dilayani.
·
Lama
petugas kosong adalah rentang waktu petugas selesai melayani sampai memulai
pelayanan kembali terhadap konsumen selanjutnya.
·
Jumlah
total simulasi merupakan lama simulasi berlangsung yaitu dari waktu ke nol (0)
hingga semua konsumen selesai dilayani.
Dengan
data-data yang diperoleh dari journal tersebuat, permasalahan dapat digambarkan
dalam Activity Cycle Diagram (ACD)
Sebagai berikut
Buka Software Arena
Pilih Basic Process pada project bar di kiri layar
Drag dan lepaskan gambar dengan caption Create seperti gambar berikut
Klik 2 kali simbol Create dan masukkan data seperti gambar berikut
1.
Klik OK
Drag dan lepaskan simbol segi empat dengan caption ProcessKlik 2 kali simbol Process dan masukkan data seperti gambar berikut
Masukkan data sebagai berikut
1.
Klik Ok
Drag dan Lepaskan disposeJalankan Program dengan klik display play
Program dapat berjalan dan Report dapat dianalis
3. Report Program
Hasil dari simulasi
dengan menggunakan software arena adalah sebagai berikut
Analisis hasil dari ResourcesAnalisi Hasil dari antrian
Analisis Hasil dari Entitas
2 comments
Write commentsTerima Kasih, Sangat Bermanfaat. Namun, Ada Pertanyaan tentang Penentuan distribusi datanya, Diperoleh darimana?
Replyterimakasih sangat bermanfaat sekali
ReplyEmoticonEmoticon