Arena ( Software Simulasi sistem )

DEFINISI ARENA
Arena adalah sebuah program penyusun model dan juga merupakan simulator. Arena merupakan kombinasi pemakaian yang memiliki high level program dan fleksibilitas/kelenturan yang menjadi ciri General Purpose Simulation Language (GPSL)  (Kelton, 2003:12).

Arena Basic
Arena Basic merupakan salah satu module yang terdapat di dalam software Arena. Sesuai dengan namanya, modul-modul yang terdapat pada Arena Basic biasa dijadikan dasar untuk membuat simulasi proses dari sistem nyata yang ada. Berikut ini akan dijelaskan mengenai modul pada Arena Basic.

Basic Process Panel
Basic Process Panel pada Arena berisikan modul-modul yang digunakan untuk memodelkan simulasi sebuah sistem. Berikut adalah module yang terdapat dalam Basic Process Panel.

Module Basic Process Panel
Arena Advanced
Dalam software Arena Advanced terdapat module yang lebih banyak dan bervariasi dalam penggunaannya untuk memodelkan suatu sistem. Dalam Arena Advanced terdapat Advanced Process Panel dan Advanced Transfer Panel.

Advanced Process Panel
Advanced Process Panel adalah panel yang memiliki beberapa module yang memiliki fungsi dan aplikasi proses yang lebih bervariasi dari pada Panel Basic Process. Panel tersebut dibagi menjadi General Flowchart Modulee dan Data Modulee (User Guide Arena, 2005:49).

General Flowchart Module
General Flowchart Module adalah kumpulan dari objek yang ditempatkan pada jendela model untuk mendeskripsikan proses simulasi. Berikut ini adalah beberapa
modul pada General Flowchart Module.
Data Module
Data Module adalah kumpulan objek yang ada di tampilan lembar kerja dari model yang mendefinisikan karakteristik bermacam-macam elemen proses seperti Advanced Set Module dan Expression module. Berikut ini adalah bebrapa modul dalam Data Module Advanced Transfer Panel.

Advanced Transfer Panel
Advanced Transfer Panel adalah panel yang memiliki beberapa module dengan  fungsi transfer atau transportasi yang bervariasi. Panel ini dibagi menjadi 4 yaitu General Flowchart Module, Conveyor Flowchart Module, Transporter Flowchart Module dan Data Modules.

General Flowchart Module
General Flowchart Module adalah sekumpulan objek untuk mendeskripsikan proses simulasi yang ditempatkan pada jendela model. General flowchart module memiliki warna merah. Berikut adalah module pada General Flowchart Module.

Conveyor Flowchart Modules
Conveyor Flowchart Module adalah sekumpulan objek untuk mendeskripsikan proses simulasi dengan fungsi yang khusus yaitu conveyor yang ditempatkan pada jendela model. Conveyor Flowchart Module  memiliki warna hijau. Berikut adalah module pada Conveyor Flowchart Module.

Transporter Flowchart Modules
Transporter Flowchart Modules adalah sekumpulan objek untuk mendeskripsikan proses simulasi dengan fungsi yang khusus yaitu transporter yang ditempatkan pada jendela model. Transporter Flowchart Module memiliki warna biru. Berikut adalah module pada Transporter Flowchart Modules.
Data Module Advanced Transfer Panel
Data Module Advanced Transfer Panel adalah sekumpulan objek yang ada di tampilan lembar kerja dari model yang mendefinisikan kerakteristik bermacam-macam elemen proses. Berikut adalah macam-macam module yang termasuk dalam data module Advanced Transfer Panel.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »